Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ganas yang sering kita jumpai pada perempuan. Setiap tahun terjadi 1 juta kasus baru kanker payudara di seluruh dunia. Etiologi kanker payudara bersifat multifaktor yang mencakup factor faktor genetik, lingkungan dan reproduksi yang saling berinteraksi melalui mekanisme yang kompleks. Hasil penelitian dengan konsisten menunjukkan bahwa faktor-faktor reproduksiberhubungan dengan risiko kanker payudara pada perempuan.


Oleh sebab itu Pengaruh penggunaan PIL KB yang dikonsumsi secara terus menerus akan menyebabkan efek samping yang berkepanjangan. Efek samping tersebut merupakan masalah yang besar yang sangat berbahaya bagi para wanita yang paling dominan adalah masalah kanker payudara.

Resiko terjadinya kanker payudara ini akan menghinggapi bagi para Wanita yang selalu mengkonsumsi PIL KB tanpa adanya kombinasi dikarenakan akan terjadi perubahan secara hormonal dimana PIL KB akan memicu hormone estrogen dan progesteron. 

Dokter Spesialis Kandungan biasanya merekomendasikan pemakaian pil KB dengan mengkombinasikan penggunaan alat kontrasepsi lain yang lebih aman. Sejumlah penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan antara pemakaian kontrasepsi hormonaldan peningkatan risiko kanker payudara.

Sebuah penelitian meta analisis komprehensif yang dilakukan tahun 1996 oleh Collaborative Group on Hormonal Factors in BreastCancer yang mencakup 54 studi dengan data dari berbagai belahan dunia menunjukkan bahwa penggunaan aktif alat kontrasepsi oral berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 24%. Risiko tersebut meningkat dua kali lipat pada perempuan muda yang menggunakan kontrasepsi oral dalam waktu 5 tahun terakhir dan yang menggunakannya pertama kali pada usia di bawah 20 tahun. Jadi wanita yang menggunakan kontrasepsi PIL KB saat ini memiliki risiko satu seperempat kali lebih besar daripada wanita yang telah berhenti menggunakannya.


Berarti sudah jelas bahwa PIL KB dapat menyebabkan resiko kanker Payudara yang mengerikan. Oleh sebab para wanita yang saat ini masih menggunakan PIL KB secara terus menerus disarankan untuk menghentikannya dengan alat kontrasepsi yang lain yang tidak berhubungan dengan hormonal seperti IUD atau penggunaan kondom pada pasangannya. Jika sudah terjadi kanker payudara akibat PIL KB biasanya akan cepat sampai pada stadium IV yang sangat mengerikan menimbulkan kematian.
Semoga artikel ini menambah wawasan kita agar bisa lebih waspada. Silahkan sebarkan informasi ini kepada teman, keluarga dan sanak saudara agar kita semua terhindar dari resiko kanker payudara yang sangat mengerikan.

About Sinar Post

Sinar Post merupakan media informasi seputar berita terkini yang akurat dan terpercaya.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Tidak ada komentar:


Top